Jumat, 28 Juli 2017

Sistem Informasi Manajemen Sekolah SMA N 1 Kejuruan Muda dengan Aplikasi Schoolmedia Akademik



      Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang cukup pesat dan menghasilkan inovasi-inovasi baru yang senantiasa terus berubah kearah yang lebih baik. Salah satu bidang pengetahuan yang berkembang sangat pesat dan menjadi tren saat ini adalah dunia internet. Perubahan dibidang teknologi tidak hanya bagi perusahaan, dalam bidang pendidikan pun terjadi. Internet sendiri telah memberikan nilai penting tersendiri dalam bidang pendidikan. Sistem informasi manajemen sekolah saat ini sudah menjadi kebutuhan yang cukup penting bagi sekolah, dengan tujuan untuk meningkatkan pelayanan informasi kepada semua komponen sekolah, terutama bagi semua siswa, orang tua siswa, guru, dan pengelola sekolah. Dukungan aplikasi schoolmedia akademik untuk dunia pendidikan khususnya sekolah juga sudah dirasakan manfaatnya di sekolah-sekolah dengan tersedianya berbagai aplikasi seperti pendataan: sekolah, admin, guru, Penilaian, Agenda pembelajaran, dan masih banyak lagi. 

     Identifikasi kebutuhan sekolah akan sistem informasi manajemen sekolah diantaranya adalah: (1) Menggunakan bahasa indonesia, (2) Tersedia sistem standar untuk pendataan: Sekolah, admin, guru, siswa dan orang tua siswa, Absensi, Nilai (3) Sistem pembayaran sekolah siswa, (4) ringkasan pelaporan untuk Manajemen, (5) Terhubung ke aplikasi perpustakaan, (6) Fitur SMS: Komunikasi ke orang tua siswa melalui SMS, Orang tua dapat melihat data siswa (pembayaran, perpustakaan, nilai) lewat otomatisasi sistem SMS. 

     Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus menuntut penyampaian informasi yang cepat, akurat dan up to date. Aplikasi yang saat ini sangat baik dikembangkan untuk pendidikan adalah e-learning. Di SMA Negeri 1 Kejuruan muda di tahun pelajaran 2015/2016 mulai menggunakan sistem administrasi pendidikan bagi guru dan tenaga kependidikan yaitu dengan menggunakan aplikasi schoolmedia akademik (http://sman1kejuruanmuda.schoolmedia.id). Pemanfaatan website tersebut memiliki efisiensi waktu dan kecepatan penyampain informasi yang diinginkan. Tidak terbatasnya oleh waktu dan lingkup sekolah saja. Pengelompokan schoolmedia akademik tersebut berdasarkan atas basis teknologi. Sistem akademik sekolah SMA Negeri 1 Kejuruan Muda telah memiliki Sistem Akademik Sekolah secara online yang bekerja sama dengan pengembang scoolmedia. Fungsi dari aplikasi ini untuk memudahkan siswa dalam melihat proses Pembelajar berupa: 
  1. Daftar Nilai
  2. Daftar Hasil Ulangan
  3. Daftar Kehadiran
  4. Daftar Pelanggaran
  untuk dapat mengakses siswa hanya masuk ke website di http://sman1kejuruanmuda.schcoolmedia.id dengan menggunakan Laptop, Notebook, Tablet, Headpone. bahkan orang tua dapat memantau kondisi siswa selama pembelajar dengan memasukan akun siswa tersebut.Pesatnya perkembangan zaman, menuntut sistem pendidikan untuk terus berinovasi. Salah satu caranya adalah dengan mengikuti perkembangan teknologi. 

    Hal itulah yang mendasari SMAN 1 Kejuruan Muda untuk mengembangkan pendidikan berbasis IT.Di sekolah ini, guru tidak membatasi siswa untuk menggunakan gadget mereka. Justru sekolah memanfaatkannya untuk menunjang pembelajaran dengan mengajak siswa mendownload aplikasi school media. Aplikasi ini tak hanya dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa saja, namun juga orang tua. Dinas Pendidikan dan pejabat berwenang lainnya juga dapat melakukan monitoring melalui aplikasi ini.Untuk ujian kenaikan kelas (UKK), sudah pakai aplikasi ini, di kelas XII.Siswa dapat mengerjakan ujian kenaikan kelas dengan menggunakan ponsel android atau laptop. 

     Sementara bagi siswa yang tak memiliki keduanya, dapat menggunakan fasilitas lab komputer milik sekolah. Selain praktis, mengerjakan ujian melalui aplikasi juga mencegah kecurangan siswa. Sebab seluruh soal diacak sehingga tak ada siswa yang mendapatkan soal sama persis meskipun mata pelajaran yang diujikan sama.Usai ujian, siswa dapat langsung mengetahui berapa nilai mereka. Kunci jawaban yang benar juga dapat diakses di aplikasi tersebut sebagai bahan koreksi siswa, yang tentunya atas seizin guru.Orang tua juga dapat mengetahui rekapan nilai anaknya melalui aplikasi itu. 

     Bahkan nilai rapor juga dapat diakses dari aplikasi school media. Ke depan, SMAN 1 Kejuruan Muda akan memasukkan data presensi siswa ke dalam sistem, sehingga para orang tua dapat memonitornya dengan mudah.Selain memudahkan siswa, aplikasi ini juga sangat meringankan kerja guru. Mereka tak perlu lagi melakukan rekap nilai manual yang sangat menyita waktu dan tenaga. Konsistensi nilai juga lebih terjaga dengan adanya aplikasi ini. Dengan Schoolmedia, siswa akan mendapatkan transparansi nilai akademik, baik dari nilai tugas, nilai UTS/UAS dan lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

CaTaTaN. © 2008. Design by :Yanku Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute