Jumat, 28 Juli 2017

PELAKSANAAN PROGRAM SEKOLAH RUJUKAN DI SMA NEGERI 1 KEJURUAN MUDA


    SMA Rujukan adalah sekolah yang telah memenuhi Standar Nasional Pendidikan (SNP), mengembangkan ekosistem sekolah yang kondusif sebagai tempat belajar,mengembangkan praktek terbaik dalam peningkatan mutu berkelanjutan, melakukan inovasi dan berprestasi dalam akademik maupun non akademik, serta melaksanakan program kebijakan pendidikan yang layak menjadi sekolahrujukan.

     SMA Negeri 1 Kejuruan Muda sebagai SMA  Rujukan  merupakan pelaksana  program  yang dicanangkan oleh pemerintah pusat melalui Direktorat Pembinaan SMA sebagai pengelola dan pembina program SMA Rujukan secara nasional. Program sekolah rujukan sebetulnya bukan hal baru dalam dunia pendidikan kita.Beberapa tahun sebelumnya juga sudah ada dan berjalan hingga kini. Tugas-tugas yang di berikan pemerintah sebagai sekolah rujukan adalah yang berkaitan dengan tahap penataan, pemantapan, dankemandirianantara lain sebagaiberikut:
  1. Mengumpulkan data dan informasi kondisi sekolah dan lingkungan eksternal
  2. Melakukan analisis konteks yang meliputi analisis SNP (diutamakan pada SKL, SI, Standar Proses, dan Standar Penilaian) dan analisis lingkungan eksternal
  3. Menyusun program kerja 3tahun dan rencana kegiatan 1 tahun pelaksanaan SMA Rujukan
  4. Menetapkan target pencapaian per tahun selama 3 tahun
  5. Berkoordinasi  dengan  Dinas  Pendidikan  Provinsi  dan  Dinas  Pendidikan Kabupaten/Kota dalam perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan proses dan hasil program kerja
  6. Menyusun rencana penggunaan dana bantuan block grant, menandatangani MOU, dan menerima dana block grant dari Direktorat Pembinaan SMA.
  7. Melaksanakan  program  kerja  yang telah di sepakati.
  8. Mempertanggung jawabkan pelaksanaan dan pengggunaan dana bantuan block grant sesuai dengan ketentuan yang berlaku
  9. Melaporkan proses dan hasil pelaksanaan program kerja SMA Rujukan secara periodik (setiap tahun) kepada Direktorat Pembinaan SMA, dengan tembusan kepada Dinas Pendidikan Provinsidan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. 

       Tahun 2016 adalah tahun pertama bagi SMA Negeri 1 Kejuruan Muda sebagai sekolah Rujukan.Tugas yang diemban tahun ini adalah tahap penataan. Kegiatan yang dilakukan adalah persiapan, penyusunan program, konsolidasi, sosialisasi, asistensi, dan sinkronisasi program. Sekolah wajib melakukan persiapan dengan mengumpulkan data dan informasi lengkap mengenai kondisi sekolah.
     Kemudian  sekolah harus melakukan analisis konteks, meliputianalisis SNP denganfokuspada 4 standaryaituStandarKompetensiLulusan, Standar Isi, Standar Proses dan Standar Penilaian Pendidikan, serta analisis lingkungan eksternal. Berdasarkan hasil analisis konteks inilah kemudian disusun draf program kerja dalam bentuk pokok-pokok program dan target pencapaian akhir. Selanjutnya program kerja tersebut dijabarkan menjadi program satu tahun pertama atau Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) yang memuat informasi tentang jenis kegiatan, sasaran, indicator hasil, jadwal, penanggung jawab dan biaya. Kegiatan Konsolidasi juga perlu dilakukan baiksecara internal (dengan warga sekolah) maupun eksternal (dengan masyarakat dan para pemangku kepentingan). 

Beberapa produk atau hasil dari program  sekolah rujukan yang dilaksanakan di SMAN 1 Kejuruan Muda diantaranya adalah :
  1. Penilaian Kurikulum 2013
  2. Gerakan Literasi Sekolah
  3. Pembelajaran Aktif
  4. Prestasi Taman Belajar
  5. Kewirausahaan
  6. Inovasi Pendidikan
  7. Sekolah Sehat Berbasis Lingkungan
  8. UNBK
  9. Dan lain- lain    
      Alhamdulillah ditahun 2016 , SMA Negeri 1 Kejuruan Muda berhasil melaksanakan program Sekolah Rujukan maka pada tahun 2017 , di tahun pelajaran 2017/ 2018 berhak melanjutkan program sekolah rujukan ketahap pemantapan. Kegiatan yang dilakukan pada tahap pemantapan ini antara lain adalah :

  • Mengatasi kendala/permasalahan  yang di hadapi dalam pelaksanaan program kerja tahun pertama.
  • Memantapkan keterlaksanaan program kerja.
  • Bertukar pengalaman dengan sesama SMA Rujukan untuk menemukan praktik-praktik yang baik (the best practices). 
  • Menjalin kemitraan dengan berbagai instansi
  • Melakukan inovasi dan kreasi keunggulans ekolah
       Label sekolah rujukan yang di sematkan di SMA Negeri 1 Kejuruan Muda ini hendaknya memberikan kesadaran kepada semua komponen yang terlibat dalam proses penyelengaraan pendidikan terutama KepalaSekolah, Guru, tenaga Administrasi, Tenaga Kebersihan dan peserta didik untuk mengambil peran penting sesuai dengan tugas dan fungsinya agar tidak menciderai label sekola hrujukan yang sudah diberikan. Disiplin misalnya merupakan satu hal yang harus di upayakan secarakontinyu dengan tetap mengembangkan prestasi akademik dan menumbuhkan karakter mulia dan terpuji di lingkungan wargasekolah.
     Semoga semua warga SMA Negeri 1 Kejuruan Muda tetap semangat ,saling berlomba dalam menampilkan prestasi di semua aspek. Kiranya Allah Tuhan Yang Maha Pengasih selalu memberikan pertolongan dan memberkahi semua kerja dan aktivitas kita.
Rela Berbagi 
Ikhlas Memberi...
Maju Bersama
Hebat Semua...

 



1 komentar:

amrisalspd mengatakan...

Luar biasa, maju terus dgn program yg ralita

Posting Komentar

CaTaTaN. © 2008. Design by :Yanku Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute